Cari Blog Ini

Memuat...

Khotbah Jumat

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sudah lama nih nggak posting dakwah. Kali ini, merangkum dari beberapa Jumat (maaf, secara singkat aja, cuma bagian yg saya inget).

*Mengenai obat bagi hati yang bermasalah, ada 2 hal yang disebutkan oleh khotib ketika itu, yakni membaca Al-Qur'an dan banyak mengingat kematian.

Mengapa membaca Al-Qur'an? Tentu saja karena Al-Qur'an adalah firman Allah, yang di dalamnya terdapat berbagai intisari ajaran Islam, berbagai kisah umat terdahulu. Dengan membacanya (tentu juga sekalian membaca artinya) maka kita insyaAllah akan bisa mendapatkan jawaban atas permasalahan hidup. Dan lagi, menemukan ketenangan hati. Tentunya, jika kita benar-benar meresapi dan memaknai kandungan ayat-ayat suci Al-Qur'an tadi, bukan sekedar dibaca asal baca tanpa ada bekas di hati.

Mengapa mengingat kematian? Tentu saja karena kita semua pada akhirnya akan mati, entah siapa dapat giliran duluan. Kematian bukanlah akhir segalanya, karena setelahkematian, akhirat yang lebih kekal telah bersiap menanti kita. Apakah surga, atau neraka (naudzubilah)? Semua bergantung pada amalan kita sendiri. kalau kita sudah mengingat kematian, maka dengan sendirinya kehidupan dan segala gemerlapnya tak akan menarik lagi. Masalah yang membuat murung di dunia, tak sebanding dengan azab di akhirat nantinya. Kesenangan semu di dunia, tak akan sebanding dengan ganjaran di surga nanti. Maka, makin banyak kita mengingat kematian, akan semakin jauh lah dunia dari hati kita. Ada masalah di dunia? Tak perlulah terlalu dimasukkan ke hati, jika hati kita selalu ingat akan akhirat.

*Mengenai 4 hal yang dirahasiakan oleh Allah.
Pertama, ridho Allah tersembunyi dalam ketaatan. Janganmeremehkan amalan apapun, karena siapa tahu, dalam amalan tersebut teradpat ridho Allah.
Kedua, murka Allah tersembunyi dalam maksiat. Jangan remehkan maksiat, sekecil apapun, karena siapa tahu, murka Allah tersembunyi dalam salah satu maksiat yang kita lakukan tersebut.
Ketiga, jangan meremehkan seseorang yang tampak remeh bagi kita, karena siapa tahu orang tersebut lebih mulia daripada kita, siapa tahu doanya lebih diijabahi daripada kita.
Keempat,kematian tersembunyi dalam waktu. Kita tak tahu kapan kematian akan menjemput kita, karena itulah, yang bisa kita lakukan hanyalah mempersiapkan diri untuk menyambut kematian, akar hidup kita berakhir khusnul khotimah dan termasuk orang-orang yang mendapat perlindungan dan ampunan Allah di akhirat nanti.

Sekian dulu rangkuman singkat khotbah Jumat kali ini, semoga banyak lagi yang bisa saya share untuk saling mengingatkan dalam kebaikan.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Tidak ada komentar: