Khatam Al-Qur'an dalam Sebulan? Biiiisaaaa. . .

Suatu hari di awal Ramadhan ini, saya mendapat SMS dari teman-teman, isinya adalah ajakan untuk mengkhatamkan Al-Qur'an dalam sebulan, terutama pas Ramadhan ini. Kurang lebih begini tipsnya:

Al-Qur'an terdiri atas 30 Juz . Dalam sebulan, ada 30 hari. Jadi satu hari usahakan membaca 1 juz.
Pada mushaf kita, rata-rata 1 Juz terdiri dari 10 lembar (tergantung cetakannya sih). Dalam sehari, kita melaksanakan sholat 5 waktu. Jadi kalau 1 Juz yang 10 lembar tadi dibaca setiap habis sholat, maka jadinya adalah 2 lembar/4 halaman setiap kali waktu sholat.

Sedikit kan? Yang bikin berat memang hanya rasa malas kok. Coba deh dimulai, insya Allah bia.

Tapi kan, kalau Ramadhan gini emang kegiatan nggak terlalu banyak, lha kalau hari-hari biasa yang super sibuk?, begitu mungkin pikir Anda.

Sebuah tips dari seorang senior di kampus, kalaulah misalnya kita melewatkan 1 waktu sholat tanpa sempat membaca Al-Qur'an, karena kesibukan misalnya, maka 'jatah' yang tidak terambil tadi harus dirapel pada malam harinya.

Mungkin jadi terasa agak berat, soalnya jadi banyak. Tapi kalau nggak berusaha gitu, kapan bisa istiqomah?
Anggaplah sesibuk-sibuknya adalah pas jatah dzuhur dan ashar, jadi ada 2 kali jatah nggak terambil tepat waktu. Kalau 'rapelan' malam dirasa terlalu banyak, coba jatah pas subuh diperbanyak, untuk berjaga-jaga kalau-kalau pas dzuhur nggak sempet. Kalau perlu, pas waktu senggang di sela-sela kegiatan (pas jam kerja lagi lowong, atau jadwal ngampus gak padet) sempatkanlah sholat dhuha, dan setelahnya, sempatkanlah ambil jatah, anggap saja ambil jatah untuk ashar nanti. Jadi jatah maghrib dan isya' tetap normal.

Sedikit tips dari saya, coba pakai mushaf yang ada terjemahannya. Jadi setiap selesai baca satu halaman, baca terjemahannya. Asik loh, kayak membaca cerita bersambung (tentu saja, 'cerita' yang satu ini penuh ilmu dan hikmah). Dan lagi, kalau membaca terjemahannya tuh jadi kerasa banget kalau satu halaman yang kita baca tuh sebenarnya sedikit sekali, paling cuma berapa ayat tuh (tergantung juga sih, juz berapa; kalau juz 30 beda cerita kali ya). Kalau pas nyadar bahwa yang sudah kita baca itu barusediiikit, cuma seimprit, maka insyaAllah akan timbul rasa malu. Malu, karena baca sekian ayat aja udah malas-malasan. Padahal kalau baca koran, Kompas-JawaPos-PosKota juga langsung habis sekali lahap. Kalau baca novel aja, Harry Potter, seminggu dua minggu udah khatam. Masa baca Al-Qur'an yang merupakan bacaan wajib umat Islam, masih malas. Malu dong.

Mungkin Anda akan sedikit terbebani dengan target besarnya, yakni khatam dalam sebulan.
Kalau begitu, mari ubah targetnya : 1 juz setiap hari. Lebih ringan kan?
Atau kita ubah lagi targetnya : 2 lembar setiap habis sholat. Nggak terasa berat kan?

Makanya, ayo kita coba. Khatam Al-Qur'an dalam sebulan? Siapa takut :D

Komentar

  1. udah lama gak khatam alquran. kalau cewek mungkin gak bisa sebulan ya :)

    BalasHapus
  2. ya berarti jatah hariannya ditambah :p
    hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan dan menjadi lebih bermanfaat lagi :)

Nuwus . . .