Cari Blog Ini

Selasa, 04 Juni 2019

Kayak Anak Kecil

Beberapa hari ini si kecil demen banget naik odong-odong di dekat rumah. Pas diajak tarawih, pulangnya selalu ngajak mampir. Dan kalau sudah di lokasi itu, maunya main terus. Karena selain ada odong-odong, juga ada tempat main mancing-mancingan ikan (yang pake magnet) dan miniatur excavator yang berfungsi beneran (jadi ada kotak styrofoam berisi serbuk gergaji, ada excavator yang dikendalikan pake panel pengendali beneran, dan ada truk untuk diisi). 
Pas diajak sholat jadi semangat dia, karena tiap habis sholat ngelewatin tempat itu. Sholatnya? Yaa, sekedarnya saja, habis Isya maunya langsung pulang, jadi harus extra effort untuk ngajak tarawihnya. Total durasi di lokasi main sama di mushola, lamaan di lokasi main dong. 
Di mushola rewel, di tempat main betah
Ah, namanya juga anak-anak. Ibadah kan masih pengenalan, mainnya yang banyakan. Wajar lah, masih balita.

Jumat, 10 Mei 2019

Rekap Menu Sharapan Pagi Bareng OTL Pekan Pertama Ramadhan

Alhamdulillah sharapan bareng OTL telah berjalan lancar, minus hari pertama Ramadhan karena pas hari Senin tuh kerjaan masing-masing pada riweh banget dari pagi.

Kamis, 09 Mei 2019

Puasa Tapi Sia-Sia

Ceramah ba'da isya kali ini membahas 5 perkara yang ngurangin pahala puasa. Ngga sampe batal sih, cuma sia-sia aja, ngga dapat pahala karena perbuatan-perbuatan ini menggugurkan pahala puasanya. Kan sayang, puasa cuma dapet lapar dan haus. Sebenarnya mayoritas kita udah tau, cuma lupa aja. Maka yuk diingat-ingat lagi, biar puasa kita ngga sia-sia gegara perbuatan-perbuatan sepele berikut:

3 Jenis Sabar

Ceramah sebelum tarawih semalam membahas sepotong ilmu tentang sabar. Penulis serasa deja vu, pernah mendengar tentang hal tersebut namun lupa di mana, kapan, oleh siapa. Pas mencari di antara postingan, nampaknya belum pernah ditulis. Jadi sekarang penulis tulis aja lah, biar singkat asal bermanfaat. Kuy dicek Gaes

Rabu, 08 Mei 2019

Kisah Luqmanul Hakim dan 2 Potong Daging

Ceramah singkat ba'da Isya kemarin membahas secuil kisah Luqmanul Hakim. Bukan Lukman Hakim yang aktor itu ya, itu Lukman Sardi ding. Bukan pula Menteri Agama yang lagi seru kasusnya (semoga Allah lindungi beliau jika memang tidak bersalah, namun jika memang bersalah, biar Allah yang menghitung sudah). Oke fokus. Ini adalah kisah Luqmanul Hakim yang namanya diabadikan menjadi nama salah satu surat dalam Al-Qur'an. Tapi sebelumnya, siapa sih Luqmanul Hakim itu?

Selasa, 07 Mei 2019

Kasasi: Ramadhan untuk Menumbuhkan Keshalehan Sosial

Pembaca sekalian, pasti pada hafal dong dengan ayat paling laris di Bulan Ramadhan ini. Apa lagi kalau bukan Al-Baqarah 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Nah, kenapa sih ayat ini diawali dengan seruan kepada orang beriman dan diakhiri dengan harapan agar kita yang berpuasa menjadi orang yang bertaqwa?

Kajian Selasa Siang di Masjid Baitut Taqwa tadi membahas topik ini. Sayang penulis lupa tadi siapa nama penceramahnya. Yaudahlah, kuy disimak Gaes

Sharapan Bareng di Bulan Ramadhan

Lha, lagi puasa kok sarapan sih?,
begitu mungkin pikir sebagian pembaca. Tenang sodara, baca baik-baik judulnya.

Kalau di hari biasa, kita sarapan bersama untuk mengisi nutrisi fisik, di Ramadhan ini warga OTL SHARAPAN (sharing kisah, panutan dan nasihat) bersama untuk memberi nutrisi ruhani.

Senin, 06 Mei 2019

3 (dari sekian banyak) Hal yang Dirahasiakan Allah

Suatu ketika, pas mamah mertua lagi lihat ceramah di yutub, eh tau-tau hapenya ditinggal. Penulis ngga nyimak dari awal atau tahu siapa penceramahnya, cuma sempat ingat bahwa ceramahnya membahas 3 hal yang Allah rahasiakan dari manusia dari sekian banyak hal lain yang Allah rahasiakan (seperti jodoh, rizki, maut, masa depan, datangnya hari akhir dll). Monggo, berikut sepenggal ilmu dari cuplikan ceramah yang penulis catat:

Selasa, 16 April 2019

Memilihlah untuk Masa Depan Indonesia

Tau sama tau lah ya, besok Pemilu serentak di Indonesia. ada pemilihan presiden dan wapresnya, DPR, DPD,  DPRD Kabupaten dan DPRD Provinsi. Pokoknya ribet. Tapi, segala keribetan itu jangan dijadikan alasan untuk ngga nyoblos ya Pembaca sekalian. soalnya, bisa jadi suara kita ikut menentukan nasib bangsa ini selama 5 tahun ke depan. Bahkan lebih. Ciee.. klise ah, seklise judulnya. Tapi beneran Gaes. Kebijakan pemerintah di satu era, bisa jadi berdampak pada negeri ini dan masyarakatnya selama setidaknya 5 tahun. Nah, di sini penulis nggak nyuruh kalian untuk memilih ke paslon 01 atau 02. Maklum, ASN harus netral, katanya. Tapi ini cuma uneg-uneg penulis aja. Kali aja ada yang masih bimbang mau pilih yang mana kan.

Minggu, 14 April 2019

Unconnected

entah kenapa, tiba2 hari ini WA, FB, IG saya, tak ada yang bisa diakses. wallahu'alam bish showab. terakhir kontak WA bisa dilakukan sekitar jam 5 sore. lepas itu, tak bisa kirim/terima pesan. dan login k IG maupun FB gagal. padahal layanan internet di rumah OK (MNC Play). buka situs lain oke, tv kabel pun ok. jadi berhati2 jika ada yg kontak dengan no WA atau akun IG/FB saya. ini satu2nya akun yg bisa saya masuki sejauh ini. mu gkinkah akun WA/FB/IG saya dihack?

Senin, 04 Maret 2019

Sepenggal Cerita dari Skripsi: Ibarat Memasak

Setelah lama nggak posting tentang skripsi, kali ini penulis mau bahas lagi tentang skripsi. Anggaplah kawan-kawan sudah menemukan ikigai dan dosbing yang tepat. Selanjutnya apa? ya kita tinggal mengolah skripsi tersebut. Supaya mudah, penulis akan gunakan analogi kuliner. BIar pembaca pada laper juga, sore-sore gini. Yuk, mulai memasak

Jumat, 01 Maret 2019

Ilmu tentang Marah

Kali ini sedikit catatan dari Takasi (Ta'lim Kamis Siang) kemarin di MBT KP DJBC bersama Ust Bendri Jaisyurrahman. Temanya tentang mengatasi pemasalahan emosi pada anak.

Monggo disimak sedikit catatan dari penulis

Rabu, 30 Januari 2019

Musim Bencana

Januari 2019, Sulsel direndam banjir, ribuan warga mengungsi


Desember 2018, Banten-Lampung dihempas tsunami vulkanis, ratusan tewas

Oktober, Lion Air JT 610 jatuh menghempas lautan, tak ada satupun yang terselamatkan

September, Palu, Donggala dan sekitarnya digoyang gempa, ditelan likuifaksi dan dihempas tsunami pula, entah berapa ribu yang tewas terkubur, terbenam, atau tenggelam

Juli hingga Agustus, Pulau Lombok ratusan kali diguncang gempa, luluh lantak dan yang menjadi korban amatlah banyak

Jumat, 18 Januari 2019

Lomba Lagi


Beberapa bulan lalu, penulis sempat submit artikel untuk lomba di kantor. Ide lomba tersebut adalah, kalau kamu jadi Dirjen BC, apa yang akan kamu lakukan? 

Berikut kiriman penulis untuk lomba tersebut.