Cari Blog Ini

Kamis, 06 November 2014

Review HP G-Plus G 110 New (1)

Dari dulu, sebenarnya saya sudah kesengsem sama ponsel bertipikal outdoor sejak menonton iklan Siemens M-65. Secara mudah, ponsel outdoor adalah ponsel yang dirancang memiliki ketahanan terhadap potensi hal-hal yang dapat merusak ponsel pada umumnya, misalkan benturan/jatuh, percikan air, dan sebagainya, yang kiranya lebih mungkin terjadi saat pengguna melakukan kegiatan di luar ruangan (outdoor) macam camping, rafting, hiking, bicycling, dan sebagainya. Jaman silih berganti, pada akhirnya ponsel tipe itu pun sudah menghilang dari peredaran, dan semakin jarang ditemukan keberadaannya di era smartphone sekarang ini. Orang cenderung memilih ponsel yang 'pintar' dan bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Pasaran ponsel outdoor memang tetap ada, namun tak banyak model yang dikeluarkan oleh produsen, membuat keterbatasan pilihan pada penggemar ponsel segmen ini. Namun tak dapat dipungkiri, bahwa kecelakaan kecil sering terjadi pada ponsel kita, misal, ketumpahan air/kehujanan, jatuh dari genggaman, dan sebagainya. Maka, produsen ponsel pun mulai meilirik lagi segmen ponsel tangguh, beberapa di antaranya dikombinasikan dengan tipe smarphone, menjadi kelas tersendiri yakni smart and strong (klasifikasi kata penulis sendiri :p ). Pada akhirnya penulis berkesempatan memiliki satu jenis ponsel outdoor, dan kali ini penulis berkesempatan mengetes dan mereview ponsel tersebut. Bukan Samsung S4 Active, budget nggak cukup bro :p , cuma sekedar HP (merk) lokal (buatan Tiongkok) berjudul G-Plus G 110 New.
mantap (dan cenderung bulky) dalam genggaman
Berdasar bentuknya, ponsel in imemiliki form factor candybar alias bentuk klasik kotak panjang. Ukurannya cukup besar dan tebal, jadi pengguna smartphone yang biasa memegang ponsel tipis nan lebar, sensasi memegang ponsel ini sungguh berbeda. Ponsel ini tergolong belum pinter, alias non-smartphone, jadi jangan mengharapkan spesifikasi tinggi ya.
Dari berbagai sumber di internet (anehnya tak satupun ada web resmi dari produsen/distributor resmi ponsel merk ini) didapat beberapa penjelasan spesifikasinya yakni :
  • Dual GSM, Dual On, Quad Band, data GPRS/MMS/WAP
  • Batterai 1700mAh
  • FM Radio, MP3/ MP4 player
  • Bluetooth
  • Kamera 1,3MP plus Flashlight
  • Micro SD Slot Support Micro SD until 8Gb
  • Audio Recorder.
dan yang paling menarik (bagi penulis) tentu saja WATERPROOF, SHOCKPROOF(TAHAN BENTURAN), DUSTPROOF

Cukup lumayan bukan?
Namuuun, sebagaimana barang-barang buatan negeri Tiongkok pada umumnya (saya tidak menyebutkan Cina karena beberapa orang cenderung merasa ungkapan itu rasial), spesifikasi yang dituliskan dengan kenyataan seringkali beda jauh. Dan itu juga terjadi pada ponsel ini. Berikut penulis coba paparkan beberapa perbedaan itu:
  • batere, tertulis pada kardus 1400 mAh, pada berbagai review 1700 mAh, riil pada batere tertulis 1500 mAh, semoga saja yang tertulis pada batere memang segitu besarnya nggak dikorup lagi -,-
  • kamera di berbagai forum tertulis 1,3 MP, di kardus tidak ada penjelasan, riilnya kamera hanya mampu mengabadikan objek dengan resolusi HANYA 176x220 pixel. Jauh di bawah VGA (640x480 px) bahkan CIF (388x256). Jelas bukan untuk penggemar fotografi, melainkan hanya untuk 'sekedar ada kamera' buat capture pemandangan dan dipajang sebagai wallpaper di layar HP ini (yang juga kecil, nampaknya cuma 176x220 atau bahkan mungkin 160x120 pixel, karena hanya dua pilihan resolusi itu yang ada). Meski demikian, bisa buat video recorder lho (tapi tentu saja kualitasnya tidak bisa diharapkan, wong still image saja resolusinya nggak sampe CIF)
  • Push to Talk yang tertulis di kardus, cuma hoax. Penulis tidak menemukan fitur itu
Sejauh ini baru ini yang penulis dapat sampaikan, insya Allah akan lanjut ke review yang lebih mendalam, karena barangnya juga baru sampai dan belum mengupas seluruh fiturnya lebih jauh (misal, ketahanan terhadap bantingan, pukulan dan tendangan, air, daya tahan batere, dll) . Tunggu ulasan selanjutnya yaaa. Yang jelas saya akan coba ulas secara mendalam setajam silet dan nggak sekedar copas info yang tidak akurat (nyindir para seller yang cuma jual tanpa tahu barangnya secara riil.

(insya Allah segera bersambung....)

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. maaf komennya kehapus gan xp

    daripada gplus g-168, lebih menarik yang maxtron IP-67-3 gan
    harga beda tipis, fiturnya lebih sadis (dari reviewnya sih, nggatau aslinya)

    BalasHapus
  3. Untuk memperbesar volume. Gunakan tombol navigasi up pada waktu telepon

    BalasHapus
  4. mp3 nya ko ngg bisa dinyalakn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya nggak pernah nyalain mp3 nya. soalnya nggak diisi memory card. hp ini cuma buat nelpon dan sms dulu

      Hapus
  5. Kmrn tak uji coba tak mskin ke bak mandi.pertam sich bs,hbs itu kok bleng(mati)gmn ya hidupinny?

    BalasHapus

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .