Cari Blog Ini

Selasa, 19 Oktober 2010

Komputer + internet + kuliah = Pergeseran Jam Tidur

saat ini jam di pojok kanan bawah komputer saya menunjukkan angka 22.49 dan entah angka berapa nanti saat saya benar2 beranjak tidur.habisnya gimana lagi,jam tidur biologis saya sepertinya sudah bener2 berubah.wajar dong,anak kuliah---sok sibuk,padahal gak samasekali.

padahal dulu jaman SMA, jam segini mah hampir pasti saya udah tidur, kecuali kalo pas belum tidur. maksudnya, normalnya saya dudah tidur. jam 9 gitu, udah ngantuk. habisnya dirumah kan sepi, dingin lagi-malang jes,malem2 ya pasti dingin laaah.

pas kuliah,ada peningkatan.maksudnya,jam tidur jadi lebih larut. jauh dari orang tua, tidur selarut apa juga gak ada yang bakal ingetin.biar besok kuliah jam 7 pagi, mau tidur jam 12 malem juga suka2 kita dong. coba kalo di rumah, paling gak diingetin lah. lek di kosan?sak karepmu.telat yo urusanmu dhewe.nikmatilah saat2 kebebasan itu kawan.

ada banyak alasan kenapa saat sudah ngekos jam tidur jadi berubah. tapi bagi saya, yang terutama adalah faktor teman sekosan.ralat,teman sekontrakan. kejadian ini terjadi terutama pada masa2 saya ngontrak rumah bersama 5 orang teman. jadi total ada 6 orang serumah. bayangkan, gimana bisa tidur cepet kalo temen di kamar bawah-persis di bawah kamar anda-nyalain musik keras2,pake speaker seharga beberapa ratus ribu,gak tau lagu apa,kebanyakan sih lagu luar,sementara lantai kamar anda terbuat dari bahan kayu. lagunya sih gak kedengeran, soalnya cuma bass-nya aja yang kerasa. dumm dumm dumm gitu deh.rasanya badan ikut bergetar -bukan bergoyang- seirama dengan musik. oke,ini serius, dalam artian yang sesungguhnya lho. tak lama kemudian, ada yang naik ke lantai 2, menyalakan lampu ruang tengah dan menyalakan televisi. karena yang nyalain adalah yang punya televisi,,,yah,mau gimana lagi. kuping jadi ikut -terpaksa- nonton tivi deh. kadang, yang membuat keadaan lebih parah, ada yang naik ke lantai 2, melompat ke 'teras' kontrakan sambil bawa gitar dan jreng...... bergitar ria persis di luar jendela kamar anda. bagus. full music nite

enak? kalo yg trbiasa begadang sih enak. lha kalo yang terbiasa tidur cepet macam anak rumahan -maksudnya saya sendiri, beneran, saya gak nuduh anda kok- ya gak enak lah

tapi,,mengingat pepatah jawa yang berbunyi 'witing tresno jalaran soko kulino, witing kulino jalaran soko kepekso, witing kepekso jalaran ora ono liyo' akhirnya kebiasaan itupun mendarah daging dalam diri saya. bahkan sampai koalisi kontrakan bubar pun, kebiasaan ini masih terus berlanjut. malah di kosan saya sekarang, normalnya, saya adalah yang tidur paling malam. biasanya sih jam 12 lewat, jam 1an gitulah. kalo dibandingin sama kebiasaan jam tidur waktu SMA mah lumayan kerasa bedanya. mundurin waktu tidur sekitar 3 jam,dan harus bangun di waktu yang relatif sama -paling enggak, kan sholat subuh dulu- lumayan nyiksa. dan siksaankarena kurang tidur pun berlanjut sampai ke kelas

disinilah susahnya kerasa. pas dosen enak2 nerangin, malah ngantuk gak ketulungan. untung kalo bisa tidur tanpa ketahuan. lha kalo ketahuan?? tergantung dosen sih. ada yang cuma suruh cuci muka, ada yang suruh nyanyi. hm,,,resiko emang.lagian siapa suruh tidur kemaleman? kapok,,rasakno iku....

udahan dulu ah,jam kompi udah nunjukin angka 23.09 nih

mau cepet2 tekan 'terbitkan entri' terus ganti tab ke facebook, pilih ninja saga.gak tau deh tidur jam berapa,,,,

2 komentar:

  1. rekiyan seto25 Juli 2013 04.30

    aku mas, pergeseran jam tidur pas liburan kuliah.. kan lama banget -2 bulan,gilee ajee-
    biasanya orang tidur jam 9 bangun jam 6, aku tidur jam 3 bangun jam 12 hahahaha

    BalasHapus
  2. hahaha.aku plg, tdur hbs subuh, bangun smpe dzuhur

    BalasHapus

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .