Cari Blog Ini

Jumat, 27 April 2012

Kompilasi Ilmu Pekan Ini

#Dari mentoring Rabu malam :

Kultum dari Sodara Bayi (bukan nama sebenarnya) :
(Sebagian) Hak orang tua terhadap anak/kewajiban anak terhadap orang tua, antara lain :
  • Menaati kedua orang tua, kecuali jika diminta melakukan maksiat
  • Menjaga & merawat dengan penuh kasih sayang (tidak dg terpaksa)
  • Berbicara dengan penuh sepan santun dan adab, serta jangan sampai mengatakan "ah" (ngomong 'ah' aja nggak boleh, apalagi pake ngedumel/ngeles)
  • Dilarang mengangkat suara/meninggikan nada bicara (apalagi membentak)
  • Menghormati dalam setiap keadaan apapun kondisi kita (misal nih, ortu kita dulunya cuma lulusan SMA, kta bisa sampe S3, itu bukanberarti kita boleh merasa 'lebih tinggi' daripada orangtua)
  • Mencium tangan orang tua ketika akan bepergian
  • Bermusyawarah ketika ingin bertindak (misalnya mau nikah, jadi jangan taiba2 "yah, aku udah nikah sama cewek ini")
  • Menempatkan orang tua di tempat yang mulia di depan tamu/orang-orang terhormat
  • Tidak keluar dari rumah kecuali setelah mendapat izin dari orang tua (jadi jangan kabur atau minggat)
  • Berbuat segala sesuatu yang dapat menyenangkan orang tua (misalnya, ortu bakalan seneng kalo kita banyak ngaji dirumah, maka lakukanlah)
  • Tidak boleh mendahulukan isteri daripada orang tua (tapi bagi istri, menurutlah kepada suami itu nomer 3 -setelah menaati Allah dan Rasul-Nya --> makanya pilih suami yang agamanya bener biar kalo nurutin, nggak jadi sesat)
  • Mengalah kepada orang tua terhadap apa-apa yang disenangi (salah satu sahabat, berkata bahwa beliau tidak pernah makan mendahului/bersama dengan ibunya, karena khawatir bahwa makanan yang diamibilnya ternyata kesukaan ibundanya)
  • Cepat memenuhi panggilan & keinginginan sebisa mungkin (jangan ditunda-tunda, nanti bisa celaka)
  • Jangan menggangggu ketika orang tua sedang tidur / makan
  • Dan yang paling penting, Selalu mendoakan dan memohonkan pengampunan baik kepada orang tua yang masih hidup atau telah tiada... Karena doa dari anak yang soleh untuk orangtuanya yang telah meninggal, adalah salah satu amalan yang akan terus mengalir bagi sang almarhum)
Materi dari Mas Cepy :
Tanda-tanda kepribadian muslim :
  • aqidah yang bersih
  • ibadah yang benar
  • ahlaq yang kokoh
  • badan yang sehat/kuat (makanya olahraga + makan makanan bergizi + istirahat cukup)
  • pemikiran yang cerdas/kreatif/memberi solusi
  • bersungguh-sungguh melawan hawa nafsu (nah lo, banyakan memerangi atau menyerahnya nih)
  • pandai mengatur waktu (nggak telatan dalam segala acara)
  • teratur dalam urusannya
  • mampu dalam pekerjaan, mampu menghidupi diri (dan berkeluarga)
  • bermanfaat bagi orang lain (gak melulu ambil manfaat dari orang lain, tapi menebar manfaat juga)

Hmm..sudahkan kita memenuhi syarat-syarat tersebut?


#Dari khotbah Jumat siang tadi :

5 musuh orang mukmin :

  • orang kafir yang tak pernah berhenti memerangi (baik perang sebenarnya, seperti perang di Palestin, Iraq, Afghan, maupun perang ideologi, yang ironisnya terjadi di seluruh penjuru dunia)
  • orang munafiq yang selalu membenci dan mencari peluang untuk menjatuhkan
  • syetan yang senantiasa berusaha untuk menyesatkan
  • nafsu yang menjadikan yang haram terlihat enak dan yang halal terasa menyusahkan
  • orang mukmin yang mendengki

Semoga sharing yang singkat ini bisa membuat masing-masing kita semakin sadar dan semakin berazam untuk memperbaiki kualitas keimanan kita (yang nantinya akan berdampak pada kualitas pribadi kita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .