Cari Blog Ini

Senin, 16 April 2012

Sombong Atau PeDe?

Tadi pas onlen (emang sekarang kagak onlen apa?) sekilas saya melihat tulisan seseorang, entah di fb atau apaan, pokoknya dia membandingkan sifat sombong dan apa gitu, minder atau apa lupa, pokoknya dia melihat bahwa ada sisi positif dari sombong, yakni mengetahui dan yakin dengan kemampuan diri. Nah lo, ini nih, salah konsep (menurut saya).
Mana ada baik-baiknya tuh sifat sombong. Lagian, sombong dan PD itu beda jauh.... Let's check this out.
Definisi sombong : menghargai diri secara berlebihan; congkak; pongah
Nah, lihat, berlebihan. Bukankah segala yang berlebihan itu tidak baik? Kalau nggak percaya, tengoklah kaum alay; apakah terlihat baik? (asumsi saya, Anda bilang tidak)
Percaya, definisinya : yakin benar atau memastikan akan kemampuan atau kelebihan seseorang atau sesuatu (bahwa akan dapat memenuhi harapannya dsb). Maka percaya diri adalah yakin akan kemampuan dirinya (bahwa akan dapat melakukan sesuatu, mewujudkan sesuatu). Atau menurut definisi W.H.Miskell : Percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat.
Lihat, ada perbedaan di sana.
Lagian, sombong tuh salah satu tiket ke neraka (saya udah pernah nulisin di sini, baca sendiri aja ya), jadi mengapa masih menganggap ada 'kebaikan' dalam sifat sombong itu? Saya jadi kasihan dengan orang yang menginspirasi saya tadi, lupa sih, siapa ya yang menganggap sombong itu baik tadi... Kasian. Barangkali pembaca bisa bantu untuk saling mengingatkan?

2 komentar:

  1. percaya diri sendiri yang berlebihan, itu kan sombong gan? jadi sombong itu percaya diri sendiri, cuma kadarnya lebih banyak he..he...

    BalasHapus
  2. Nah itu,emg yg berlebihan itu biasanya tdk baik...PD boleh asal jgn klewatan trus jd sombong yaaa
    Inget,sehebat apapun kita,masih ad yg lbh hbt
    Dan shebat apapun kita,kita cm makhluk ciptaan Tuhan,kuta penuh dgn kterbtasan,jd tdk pntas utk memiliki sft sombong

    BalasHapus

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .