Cari Blog Ini

Kamis, 24 Mei 2012

Mentoring Kemarin : Kupas Ayat Surat Al-Mu'minuun

Seperti judulnya, mentoring kemarin malam membahas surat Al-Mu'minuun, khususnya ayat 1-11, yang mana isinya membahas sebagian ciri-ciri orang-orang beriman. Berikut pembahasannya :

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, *1

(yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya, *2

dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, *3

dan orang-orang yang menunaikan zakat, *4

dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, *5

kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. *6

Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. *7

Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, *8

dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.
*9

Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, *10

(yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." *11

(QS. Al-Mu'minuun ayat 1-11)

Dari terjemah surat di atas, dapat kita lihat beberapa ciri orang-orang beriman, yakni :
  • sholatnya khusyuk [bagaimana dengan kita -terutama penulis pribadi? sudah mampukah kita sholat dengan khusyuk? kayaknya sering banget kepikiran hal lain pas sholat]
  • menjauhkan diri dari segala yang sia-sia (tidak bermanfaat) [hayo coba kita hitung, berapa banyak hal sia-sia yang kita lakukan? mantengin fb atau twitter tanpa ada manfaat, dengerin lagu-lagu yang nggak bikin kita tambah pinter atau apa, melamun yang nggak menghasilkan apa-apa, ngobrol nggak jelas nggak ada ilmunya...lho kok masih banyak nih?]
  • menunaikan zakat [sekarang pas masih belum memenuhi syarat wajib mengeluarkan zakat, mungkin menganggap ini sepele, mungkin berpikir 'ah, sekian persen aja masak nggak mau ngeluarin'. tapi ntar kalo udah punya penghasilan, -katanya- bakal berat gitu ngeluarin zakatnya, apalagi kalo ntar udah berkeluarga -katanya-]
  • menjaga kemaluannya dan tidak melampaui batas [di jaman ini, bukan rahasia lagi bahwa begitu banyak godaan bagi kita untuk terjerumus ke dalam perbuatan zina, apalagi para pemuda yang belum nikah --hayoooo, buruan nikah kalo udah mampu, atau berpuasa]
  • memelihara amanat dan janjinya [pada bagian ini, entah kenapa jadi teringat para wakil rakyat atau yang maju pada pilkada..eh, kita juga ding, harus memelihara amanat dan janji kita. lagian, bukankah semua yang kita 'miliki' di dunia ini adalah titipan, milik Allah yang diamanatkan kepada kita. . . jasad, amanat. iman, amanat. ilmu, amanat. harta, amanat. pangkat, amanat. umur pun, juga amanat. harus kita jaga semua itu]
  • memelihara sholatnya [jaman sekarang, manusia mah adaaa aja kesibukannya, sampai-sampai banyak yang melalaikan sholatnya gara-gara sibuk. Insya Allah pembaca sekalian enggak gitu ya, pada rajin sholat pastinya :) ]
Dan orang-orang tersebutlah yang nantinya akan mewarisi dan kekal di dalam surga Firdaus. Wow, surga Firdaus Guys, nggak nanggung-nanggung Allah kasih reward buat orang-orang beriman. Surga yang tingkatannya paling tinggi lho.
So, mari kita -terutama penulis pribadi- berlomba-lomba meningkatkan keimanan kita, menjadi orang-orang yang memenuhi kriteria untuk mewarisi surga Firdaus dari Allah. Yuuk . . . :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .