Cari Blog Ini

Rabu, 30 Mei 2012

Salah Pol

Pelajaran berharga bagi kita nanti jika sudah menjadi senior di tempat kerja.
Suatu ketika akan datang yang namanya anak magang, atau junior. Dan akan tiba saatnya Anda sebagai senior bisa menyuruh-nyuruh mereka melakukan beberapa pekerjaan sepele mulai ngeprint dan fotocopy, atau bahkan yang agak rumit seperti menginput database yang mungkin akan rumit bagi mereka atau yang lain.

Silahkan saja menyuruh mereka, hanya saja, sertakan instruksi yang jelas dan kalau perlu contoh yang jelas. Kalau tidak, bersiap saja mendapatkan pekerjaan tambahan karena pekerjaan yang mereka garap bukannya beres namun malah salah kaprah.

Memang mereka harusnya mengerjakan setiap tugas sebaik-baiknya, namun jangan lupa bahwa mereka nggak berpengalaman. Hal yang simpel bagi senior - karena sudah dikerjakan berkali-kali dan sudah cukup lama menangani bidang tersebut- bisa jadi rumit bagi junior yang belum pernah menangani pekerjaan 'remeh' tersebut.

Jadi, kalau Anda nanti jika sudah jadi senior dan mau 'menghibahkan' pekerjaan Anda ke junior yang sedang magang atau pegawai baru, alangkah baiknya jika Anda meluangkan waktu sejenak untuk memberi instruksi yang jelas dan mencontohi bahkan mengajari mereka, daripada nanti malah membuang banyak waktu untuk mengedit garapan mereka yang salah karena Anda kurang jelas dalam memberi instruksi.

Sekian catatan anak magang hari ini.

2 komentar:

  1. tepat sekali saya pernah ngalamin
    beri penjelasan yg jelas luangkan 30mnt hingga 1 jam

    BalasHapus
  2. iyo Sam.iki ceritane aku curhat.hahahaha

    BalasHapus

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .