Cari Blog Ini

Rabu, 21 Januari 2015

Tips Buat yang Berkuping Tipis

Dalam keseharian, kita pasti sering berinteraksi dengan manusia lain (yaiyalah, masak sama jin). Namanya manusia pasti perangai dan tabiatnya berbeda-beda dalam berinteraksi dengan sesama. Dan dalam interaksi itu, seringkali kita akan mendengar hal-hal yang bisa membuat kita tersinggung, merasa tidak dihargai, diremehkan, dan sebagainya. Hal-hal itu bisa berupa kritikan, cucian cacian, sindiran, keirian, atau hal-hal lain. Beberapa orang mungkin akan menganggapnya angin lalu dan tak terlalu ambil pusing. Tapi sebagian orang, rupanya tak tahan mendengar ocehan orang lain tersebut dan jadi kepikiran, terus nggak mau makan, segen mandi, dan susah BAB ujung-ujungnya jadi stres. Nah, kali ini penulis akan berbagi tips untuk Anda-anda yang berkumis berkuping tipis (kiasan untuk "orang yang mudah tersinggung, ups, jangan tersinggung ya :) maupun yang gampang sakit hati karena omongan orang. Semoga bermanfaat :)

  • kritik itu adalah ungkapan kepedulian orang terhadap kita. Jadi tersenyumlah, dan bersyukurlah bahwa masih ada yang peduli pada kita. Mereka mengkritik karena tahu kita masih bisa lebih baik lagi, dan berterimakasihlah pada mereka yang telah menunjukkan kesalahan/kelemahan kita agar kita bisa memperbaikinya
  • kalau ada yang iri sama kita, bawaannya sirik aja pada apa yang kita miliki, itu tandanya kita harus banyak bersyukur. Itu tandanya dia nggak memiliki apa yang kita miliki itu (yang dia komentarin). Maka bersyukurlah, dan berbagilah dengan sesama ketika mendapat kebahagiaan/kesenangan, agar orang lain ikut bahagia dan nggak sirik lagi
  • kalau ada yang marah-marah ke kita, jangan kegeeran. Siapa tahu sebenarnya dia lagi curhat terselubung, ada masalah tapi gengsi mau cerita. Jadi bawaannya sewot mulu. Kebetulan ada kita, ya jadilah "sansak hidup" alias pelampiasan kemarahan. Tapi jangan ding, kalo jadi sansak hirup, berabe. Tapi kalo sekedar jadi pelampiasan kemarahan verbal seseorang, ya syukurilah, nggak tiap hari kita dapat kesempatan untuk meredakan emosi orang lain. Tapi introspeksi juga, siapa tahu orang itu memang marah sama perbuatan kita xp 
  • saat ada yang meremehkan kita, sebenarnya dia malu untuk memuji. Bisa saja sebenarnya konsep kita bagus, namun belum ada yang berhasil melakukannya, dan dia memutuskan untuk "menantang" kita menjadi yang pertama melakukannya, dengan kata-kata yang terkesan meremehkan. Padahal, sebenarnya dia menguji kekuatan mental kita. Siapa tahu kita bakal berhasil, kan?
  • kalau ada yang menghina kita karena fisik, keturunan, atau apa saja yang ada pada diri kita, yakinlah bahwa Tuhan telah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya, dan bersimpatilah pada orang yang belum memahami konsep itu. Doakan saja agar dia segera sadar dengan kesalahannya, dan syukurilah kelapangan hati yang juga dikaruniakan oleh Tuhan kepada kita, dan jangan biarkan keusilan orang mengubah suasana hati kita
Setiap orang dibesarkan dengan cara berbeda, melihat nilai-nilai yang berbeda, sehinggamungkin gaya  dan cara bicara kita berbeda sehingga sering terjadi salah paham. Sebuah candaan bagi seseorang mungkin bisa menyinggung orang lain, sebuah candaan bagi seseorang bisa diseriusi oleh orang lain. Berhati-hati dan pahami situasi, adalah salah satu kunci keselamatan komunikasi. Selamat berkomunikasi dan semoga hari kita bermanfaat dan menyenangkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .