Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Februari 2015

Akhirnya Terjawab


Suatu ketika, sya aflight dari Surabaya ke Batam, dan melihat ke bawah nun jauh di sana. Ada suatu fenomena optik yang unik dan tidak saya ketahui sebelumnya. Terlihat pola konsentris berbentuk bulat, yang mengikuti sepanjang perjalanan. Seperti pelangi, tapi kecil, dan ulat sempurna. Dn hari ini, 10 tahun lebih dari kejadian tersebut baru saya tahu jawabannya. Kejadian tersebut adalah glory. Yakni semacam halo yang terbentuk karena pembiasan cahaya oleh uap air dalam kondisi tertentu. Bagaimana tepatnya? Tak ada yang tahu, bahkan para ilmuan sekalipun. Biarlah menjadi rahasia illahi yang kita nikmati :)


Waktu itu saya nggak foto (jaman 2004 masih belum punya digicam), tapi kurang lebih nampak seperti gambar-gambar di bawah ini.

Seperti pelangi bulat sempurna, terlihat dari ketinggian. Meski tanpa tahu sebabnya, tetap indah, bukan? Mungkin in isalah satu cara Allah menghibur makhluk-nya yang baru pertama naik pesawat terbang (kala itu) :)
Masya Allah, indahnyaaa :)



update 18 Maret 2015
Berikut ini beberapa grafis yang mungkin dapat membantu menjelaskan fenomena glory. Diambil dari situs Hongkong Observatory. Semoga dapat membantu memahami fenomena indah ini :)

kira-kira pada posisi inilah glory dapat terlihat
penjelasan mengenai 'antisolar point'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .