Cari Blog Ini

Senin, 16 Maret 2015

Crepuscular Ray yang "Spectacular"

Di suatu senja, ketika sang mentari mulai menarik diri ke peraduannya, dan sinarnya yang memancar terhalang oleh tegapnya gedung-gedung angkuh di ibukota, maka terciptalah sebuah lukisan alam yang keindahannya sulit diungkapkan dengan kata-kata. Ya, nama fenomena ini saja susah diucapkan, apalagi mengungkapkan keindahannya. Sulit, my man.

nama fenomena ini memang sulit disebutkan . . .
. . . namun tidak sulit untuk mengaguminya . . .
lihat saja betapa spektakuler pemandangan ini . . .

membuat awan di langit seolah terbelah
Sekilas terlihat seperti langit -berikut awan di sana- seolah terbelah, namun itu sebenarnya hanya bayangan yang menghalangi jatuhnya sinar matahari ke mata pengamat. Istilahnya "crepuscular rays". Terdengar spektakuler kan? Dan, ya, memang terlihat spektakuler kok. Crepuscular ray terlihat seperti pancaran berkas sinar matahari yang berasal dari satu titik (yakni posisi di mana matahari berada) dan terlihat menyebar karena matahari terhalang oleh sesuatu (awan, pepohonan, gedung-gedung).Di antara masing-masing 'berkas' sinar tersebut, biasanya terdapat suatu area yang lebih gelap, yakni bayangan benda yang menghalangi sinar matahari sampai pada pengamat.Dalam foto-foto di atas, kemungkinan besar bayangan tersebut disebabkan oleh gedung bertingkat di area Jakarta Pusat sana. Ketika terdapat formasi awan yang tersebar cukup luas di langit, maka terciptalah lukisan cahaya berkanvaskan awan-awan. Totally awesome, guys.
Bung Enigma pernah membahas fenomena terkait di sini (judulnya "fenomena langit terbelah di Jogjakarta", berdasar pada foto kiriman pembaca). Bedanya yang dibahas di di blog Bung Enigma adalah kebalikan dari fenomena ini, yang disebut anticrepuscular ray. Kebalikan dari crepuscular ray, anti-crepuscular ray terlihat seperti berkas-berkas sinar matahari yang menyatu di suatu titik imajiner di langit, yang disebut titik antisolar (posisi kebalikan/1800 dari posisi matahari di langit). Singkatnya, kata Bung E, "fenomena di atas juga terjadi karena sinar matahari terhalang oleh awan atau objek lainnya . . . . namun ia terlihat di arah yang berlawanan dengan matahari.
 
Masya Allah, benar-benar sebuah keindahan ciptaan Allah yang cukup menghibur di penatnya sore :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .