Cari Blog Ini

Selasa, 16 Juni 2015

Tarhib Ramadhan Bersama Aa' Gym di Kementerian Keuangan

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, pengurus Bintal Kemenkeu menyelenggarakan kegiatan Tarhib Ramadhan dengan mengundang Aa' Gym sebagai pembicara. Adapun beberapa poin yang disampaikan oleh Aa' Gym dalam ceramahnya kali itu antara lain:
Puasa itu lebih dari sekedar menahan lapar dan haus. Setidaknya ada 4 hal lain yang harus 'ditahan' saat berpuasa, yakni:
  • puasa bicara yang tidak bermanfaat: daripada ngobrolin orang, film atau hal lain yang nggak bermanfaat, lebih baik mengaji dan berdzikir, bukan?
  • puasa melihat yang bukan muhrim: ini sering dianggap berat bagi pria, namun wanita juga harus menahan pandangan lho! Kata siapa wanita tak tergetar hatinya saat melihat cowok ganteng? Memang sih, wanita tak se'visual' pria, tapi tetap saja, sama-sama bahaya!
  • puasa marah: puasa mah menahan nafsu bro, nggak cua nafsu makan-minum-jima', namun juga nafsu amarah. Hayo, nggak ingin kan pahala puasanya digerogoti oleh amarah?
  • puasa dari belanja berlebihan: di bulan puasa, biasanya orang berbelanja lebih banyak dari hari biasa. Padahal, harusnya kan malah berkurang (teorinya jadi cuma 2/3 nya hari normal), mengingat makan cuma 2x (sahur-berbuka) nggak 3 kali (sarapan-makan siang-makan malam). Tapi kenapa justru pas puasa, belanjanya makin banyak? Hmm. . ternyata seringkali kita terbawa nafsu 'balas dendam' pas berbuka. Ada kolak, jus, kurma, tapi tetep juga tambah nasi lauk dan sebagainya. Tak heran belanja bukan malah makin sedikit tapi makin banyak (dan biasanya sejalan dengan pertambahan berat badan). Apalagi 10 hari terakhir, biasanya belanja pakaian dan perhiasan demi tampil ngejreng di hari lebaran. Hmmm. . . salah fokus nih. Yuk, tahan nafsu berbelanja yang tidak diperlukan. Daripada belanja berlebihan, mending yang 1/3 disedekahkan, lebih berkah, bukan?
Meski demikian, ada aja lho orang yang pas puasa masih marah-marah. Kalau ngehadapin yang kayak gitu, kata Aa' Gym, janngan ikutan marah. Kita istighfar aja . . .
Ada juga orang yang pas puasa masih ngegunjingin orang (dan kadang kita yang jadi korban). Hmm. . sabar aja, jangan terpengaruh omongan orang. Yang penting kita fokus ibadah, omongan orang mah kagak ngaruh deh. Yuk, fokus buat menyambut Ramadhan 1436 H ini. Semoga kita berhasil menjalani Ramadhan dengan penuh ibadah dan menjadikan diri ini lebih baik untuk 11 bulan berikutnya. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .