Cari Blog Ini

Senin, 07 September 2015

Alhamdulillah, Akhirnya Kembali ke Sekolah

Akhir Agustus kemarin penulis sempat mendapat kabar bahagia. Setelah melewati Ujian Saringan Mausk DIV STAN TA 2015 pada tanggal 23-24 Juni dan 4 Agustus kemarin, akhirnya pengumuman juga. Dapat kabar pertama dari mentor penulis, Mas Cepy, alhamdulillah penulis sudah lolos dan terdaftar sebagai calon mahasiswa program DIV STAN TA 2015. Terus banyak yang bertanya, bagaimana sih tips dan trik biar lolos USM DIV?
Jujur ya, kalau ditanya seperti itu, penulis merasa kurang enak juga jawabnya, karena merasa bahwa persiapan tes kemarin sangat kurang. Penulis merasa bahwa hanya karena doa orangtua penulis (terutama ibu) lah yang membuat Allah ridho meloloskan penulis pada USM kali ini. Seriusan, sebelum tes memang penulis sudah mendapat materi untukdipelajari, namun mempelajarinya pun nggak maksimal. Jadi selepas tes tahap satu pun, penulis langsung pasrah. "Yaa Allah, kalau memang yang terbaik bagi hamba adalah lolos dan belajar di kampus (DIV) maka loloskanlah, namun jika yang terbaik adalah belajar di dunia nyata (di kantor-nggak lolos maksudnya), maka sabarkanlah". Itu aja yang penulis ucapkan, soalnya beneran, nggak mantab banget persiapannya.

Oh iya, biar pembaca nggak abstrak memahaminya, penulis jelaskan secara singkat tentang USM DIV tahun ini. Kalau dibanding tahun-tahun sebelumnya, tes tahun ini ada beberapa perbedaan sebagai berikut:

Penulis masuk dalam kelompok 3, alias peserta yang dulu pas DIII, jurusannya selain akun/pajak (Bea Cukai). Nah untuk materi TSA (Tes Substansi Akademik) itu beda-beda tiap kelompok peserta. Untuk kelompok 3 sih, ada materi Pengantar Akuntansi (yang aman kami di Prodip BC cuma dapat buku I dari II buku) dan Manajemen Keuangan (dan kami samasekali nggak dapat materi ini). Itu yang membuat kami (geng prodip) banyak yang galau dan putus asa di awal. Alhamdulillah kami di DJBC ada teman dari spes akuntansi, jadi bisa belajar bareng. Kalau materi TSA yang dipelajari, penulis dapat dari putrinya guru SMP penulis yang juga sekolah di STAN. Alhamdulillah dari materi tersebut bisa ngerti sedikit banyak lah, daripada samasekali nggak baca. Oh iya, seluruh materi buat belajar dapat diunduh di sini.

Untuk tipsnya, insya Allah ditulis setelah postingan ini.
(..bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .