Cari Blog Ini

Jumat, 23 Oktober 2015

Istaghfirillah, Insya Allah Segala Urusan Jadi Mudah

Sebuah kisah yang mungkin kita semua pernah mendengarnya, namun tak juga kadaluwarsa nilai yang terkandung di dalamnya. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari kisah berikut ini.

Alkisah, seorang petani mendatangi Imam Hasan Al-Basri dan mengeluhkan ketiadaan hujan sehingga tanah pertaniannya kekurangan air. Imam Hasan Al-Basri hanya menjawab; istaghfirillah (beristighfarlah kepada Allah). Datang lagi seseorang yang mengeluhkan bahwa dirinya sudah lama menikah namun belum memiliki momongan.  Lagi-lagi Imam Hasan Al-Basri hanya menjawab; istaghfirillah. Datang lagi orang ketiga yang megneluhkan bahwa rizkinya tidak mencukupi kebutuhan hidupnya. Sama seperti yang sudah-sudah, Imam Hasan Al-Basri hanya menjawab; istaghfirillah. 

Mengapa istighfar? Bukan yang lain? Bukankah banyak doa yang spesifik dalam Al-Qur'an dan Hadits?
Dalam Al Qur'an surat Nuh ayat 10-12, Allah SWT berfirman :

" Maka aku katakan kepada mereka : Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepadamu hujan dengan lebat ( terus menerus ), dan membanyakkan harta-harta, dan anak-anak, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai ". 
(QS:71:10-12)

Maka tak salah jika Imam Hasal Al-Basri menjawab keluhan setiap orang dengan berbagai permasalahan, hanya dengan satu kata: istaghfirillah.

Karena bisa jadi, dalam keseharian kita, kita banyak melakukan maksiat pada Allah, sehingga menghalangi terkabulnya doa kita. Maka beristighfarlah kepada Allah yang Maha Pengampun, agar Allah mengampuni kita, memaafkan kesalahan kita dan mengabulkan doa-dao kita. Bukankah Allah Maha Pengampun? Lantas apa yang menghalangi kita untuk memohonampunan kepada-Nya?

"Katakanlah,"Wahai hamba-hambaKu yang telah melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah, kerana sesungguhnya Allah Mengampuni segala dosa; sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang."
(QS Az Zumar, surat ke 39 ayat 53)

maka beristighfarlah, insya Allah segala masalah akan Allah jadikan mudah 
*disarikan dari khotbah Jumat siang ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .