Cari Blog Ini

Jumat, 03 Juni 2016

Khotbah Jumat Persiapan Ramadhan

Singkat saja, penulis mencoba merangkum secara singkat uraian khotib pada saat khotbah Jumat tadi. Dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, kita harus mempersiapkan diri untuk meningkatkan kualitas dari empat hal berikut, yaitu:

  • Iman: sebagaimana ajakan berpuasa diawali dengan kata-kata "hai orang-orang yang beriman", maka selayaknya dengan berpuasa ini kita meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.
  • Ilmu, terutama ilmu agama: setiap ibadah tentu harus didasari dengan ilmu, termasuk puasa. Maka selayaknya kita harus meningkatkan pemahaman ilmu agama di bulan Ramadhan ini, yang untungnya bakal tertolong dengan banyakya majlis ilmu yang diadakan oleh berbagai pengurus masjid di sekitar kita
  • kepekaan sosial: Dalam salah satu riwayat, sahabat berkata bahwa Rasulullah adalah sosok yang dermawan, dan di bulan Ramadhan, Rasulullah lebih dermawan lagi dibandingkan pada waktu-waktu lainnya. Kedermawanan Rasulullah bahkan lebih dari angin yang berhembus.
  • akhlak: Rasulullah diperintahkan ke dunia untuk memperbaiki akhlak manusia, dan Ramadhan adalah salah satu fasilitas yang Allah berikan kepada umat Rasulullah untuk meningkatkan kebaikan akhlak kita. Karena di bulan Ramadhan kita dilatih untuk menahan hawa nafsu, memperbanyak amal ibadah dan berbuat baik ke sesama, dan diharapkan bahwa kebiasaan selama sebulan tersebut akan terbawa selama setahun ke depan, hingga bertemu denga Ramadhan berikutnya. Aamiin...
 Demikian catatan singkat tanpa tulisan yang dapat penulis ingat sampaikan dari khotbah Jumat tadi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Tak lupa penulis mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, dan semoga kita dapat menjalani Ramadhan ini dengan lebih baik, terutama dengan peningkatan keimanan, keilmuan, kepekaan sosial dan akhlak kita. Aamiin . . .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .