Cari Blog Ini

Kamis, 17 Mei 2018

Catatan Ramadhan Hari-1

Alhamdulillah ya Pembaca sekalian, Allah masih panjangkan usia kita hingga masih bisa bertemu dengan Ramadhan tahun ini. Setelah lama vakum padahal udah janji mau produktif nulis lagi, kali ini Si Gundul akan mencoba memposting ilmu yang didapat dari berbagai kajian. Kali ini dari kajian ba'da isya di Mushola An-Naimah dekat kontrakan. Bismillah, berikut beberapa poin yang penulis sempat catat, dan semoga bermanfaat.


1. yuk introspeksi diri, sudah berapa Ramadhan kita lalui, sudah seperti apakah ibadah kita?apakah senantiasa meningkat?stabil kah?atau malah menurun?atau sekedar berpuasa tanpa menambah ibadah?
padahal Ramadhan adalah kesempatan besar meraih banyak pahala lo, apa kita terus-terusan mau menyia-nyiakan kesempatan ini?
2.nah supaya ada peningkatan ibadah, yuk bikin target ibadah buat Ramadhan kalo ini. Mau khatam berapa kali, sedekah berapa perhari (inget ya, yang pntg rutin dulu meski cuma gocenh, daripada banyak tapi jarang)
3.amalkan ibadah sesederhana apapun (sedekah meski cuma segelas air minum, baca doa setelah adzan untuk meringankan panasnya padang mahsyar, beramal atas nama ortu, sholat qabliyah ba'diyah, berkata-kata yang baik). Ingat, ini Ramadhan, dimana setiap kebaikam akan dibalas berkali-kali lipat
4. buat yang sudah punya anak, yuk temani anak memenuhi target ibadah mereka. dan jangan lupa beri apresiasi agar anak semangat ibadahnya. karena kelak ketika kita meninggal, ibadah anak bisa saja menjadi amal jariyah bagi kita, terutama jika kita sensiri yang mengajarkan ibadah tersebut
5.selama bulan Ramadhan, yuk sibukkan diri di jalan Allah, agar tak sempat bermaksiat (ghibah, namimah dll). banyakin ngaji, dzikir, menahan diri dari berkata kotor, dan sebagainya. pokoknya jangan sampai pahala puasa kita tergerogoti oleh dosa2 kecil yang kadang tersepelekan.

Demikian catatan Ramadhan kalo ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan tak lupa penulis mengucapkan selamat berpuasa dan selamat mengisi bulan Ramadhan bagi seluruh pembaca muslim. Semoga Ramadhan kali ini kita bisa jadi pribadi yang lebih baik, dan menjalani hidup yang kebih berkah sebagai bekal ke akhirat kelak. aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .