3 (dari sekian banyak) Hal yang Dirahasiakan Allah

Suatu ketika, pas mamah mertua lagi lihat ceramah di yutub, eh tau-tau hapenya ditinggal. Penulis ngga nyimak dari awal atau tahu siapa penceramahnya, cuma sempat ingat bahwa ceramahnya membahas 3 hal yang Allah rahasiakan dari manusia dari sekian banyak hal lain yang Allah rahasiakan (seperti jodoh, rizki, maut, masa depan, datangnya hari akhir dll). Monggo, berikut sepenggal ilmu dari cuplikan ceramah yang penulis catat:



  1. Ridho Allah dalam amalan

kita nggak tahu amalan mana yang Allah ridhoi, maka janganlah meremehkan amalan baik sesepele apapun. Bahkan jika sekedar tersenyum di hadapan saudara, menyingkirkan rintangan di jalan, atau mengucap salam. Lagian, bukankah kita diciptakan hanyanuntuk beribadah kepada-Nya? maka sebisa mungkin kita jadikan setiap kegiatan sebagai amal ibadah dengan niat yang baik, menyebut nama-Nya sembari awali setiap kegiatan, dan dengan tatacara yang sesuai syariat.

2. Murka Allah di antara Maksiat

Ini nih yang paling serem, apalagi buat penulis yg banyak dosa. Dari sekian banyak maksiat yang kita lakukan, sengaja ataupun tidak, bisa jadi salah satunya menjadi sebab murka Allah. Misal, lagi berselancar di dunia maya lalu melihat artikel yang isinya foto aktris, bukan foto hot, cuma gak berhijab aja. Kan udah dosa tuh buat akhi-akhi. Atau foto oppa-oppa korea habis balik dari wajib militer yang bikin ukhti-ukhti semriwing. udah bisa jadi dosa. hikmahnya adalah, agar kita tak meremehkan maksiat sesepele apapun, karena bisa jadi membawa murka Allah. bukan perkara besar kecilnya maksiat, namun kepada siapakah kita bermaksiat. Apa iya berani melanggar perintah Dzat yang Maha Besar?

3. Wali Allah di antara manusia

Di antara sekian banyak manusia yang kita jumpai sehari-hari, bisa jadi salah satunya adalah manusia kesayangan Allah yang doanya diijabah. Entah karen dzikirnya, tahajudnya, dhuhanya, atau amalan lain yang kita tidak tahu. Hikmahnya adalah, agar kita tidak meremehkan siapapun, berbuat baik pada siapapun, dan tidak mendzalimi siapapun. Siapa tahu doa orang itu mustajab, agar kita bisa kecipratan doanya yang baik-baik, dan ngga sampe disumpahin olehnya gegara mendzaliminya.

Demikian catatan singkat hari ini. 3 aja dulu. Semoga bermanfaat, biar singkat asal diingat dan kita coba amalkan yaa. Bismillah, semoga kita senantiasa menjaga amalan, menjauhi maksiat dan berhusnudzon kepada sesama

Komentar

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan dan menjadi lebih bermanfaat lagi :)

Nuwus . . .