Berdoa Yuk

Mumpung bulan Ramadhan, dan memasuki waktu ba'da ashar di hari Jumat, yuk kita perbanyak berdoa kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى
Bukan bermaksud menggurui, namun lebih sebagai catatan pengingat bagi diri sendiri, dan semoga bisa jadi bacaan buat pembaca yang mampir ke sini. 

Tak cuma mendoakan diri sendiri, yuk kita doakan juga orang-orang terdekat kita. Orang tua, saudara, pasangan, mertua, ipar, anak, serta sanak famili yang lain.
Doakan pula guru-guru kita yang telah mendermakan ilmu mereka, baik ilmu agama maupun ilmu dunia yang bermanfaat. 
Doakan juga tetangga-tetangga, teman-teman dan pemimpin-pemimpin kita yang baik.

Mari kita berdoa agar diberi kekuatan iman hingga akhir hayat. 
Agar diberikan kesabaran dalam menghadapi ujian, kesabaran dalam ketaatan, dan kesabaran menjauhi larangan-Nya.
Agar diberikan keikhlasan dalam beribadah dan menghadapi keputusan-Nya, dan agar diberi rasa syukur atas segala pemberian-Nya.
Agar kita menjadi muslim yang seutuhnya, dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Agar kita menjadi muslim yang memberi manfaat bagi sesama manusia dan ciptaan-Nya yang lain. Agar kita menjadi muslim yang tidak memberi mudharat bagi makhluk lain.

Doakan pula saudara-saudara kita yang tengah berjuang dalam keadaan mereka. Di Palestina, Suriah, Yaman, Lebanon. Mesir, Libya, Mali, Sudan, Ethopia, Kongo. Di Irak, Afghanistan. Di Kashmir, Uighur dan Rohingnya. Juga segenap muslim di Indonesia dan belahan dunia lainnya.
Doakan agar negeri ini menjadi negeri yang penuh berkah, rakyatnya taat pada Sang Pencipta, dan dikaruniai pula pemimpin yang menjaga amanat dan memenuhi kebutuhan rakyatnya.

Mari berdoa Allah berkahi segala titipan-Nya pada kita; waktu, jasad, rizki, keluarga, jabatan, ketenaran, agar hal-hal itu menjadi wasilah kita menebar kebaikan dan mencegah keburukan.

Mari berdoa agar Allah ampuni kesalahan-kesalahan kita, gugurkan dosa-dosa kita, dan terima amal ibadah kita.

Berdoalah agar kelak kita diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah, dilapangkan kuburnya, dimudahkan di hari kebangkitan dan perhitungan, dan ketika melewati sirath agar tiba di surga-Nya kelak, serta dipertemukan lagi dengan orang-orang terdekat dan tersayang kita. 

Semoga kelak, Allah pertemukan kita di surga-Nya, bersama segenap keluarga dan rekan kita, berjumpa para Nabi dan Rasul yang mulia serta para keluarga dan sahabat mereka, dan semoga Allah berkenan berjumpa dengan kita.

Berdoalah, karena Allah pasti akan mendengar dan menjawabnya.
Berdoalah, karena kalaupun tak dikabulkan (sekarang, nanti, atau dengan hal yang lebih baik), Allah akan menghindarkan kita dari keburukan yang setara. 
Berdoalah, karena kalaupun tak terjawab di dunia (baik dikabulkan atau dihindarkan dari keburukan), semoga doa itu bisa dikonversi menjadi pahala di hari akhir kelak.   

Berdoalah kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى, karena Allah-lah tempat kita meminta. Kalau tidak kepada-Nya kita memohon, kepada siapa lagi?

Referensi:

Komentar