Cari Blog Ini

Sabtu, 02 April 2011

Jenis-jenis Blogger

Seperti halnya status facebook, tipe postingan seseorang dalam blog-nya juga bisa mencerminkan dirinya. Mau tahu? Yuuk disimak . . .

Blogger amatir : isi blog-nya hanya bercerita tentang hal-hal sepele, kisah awal bagaimana dia blogging, atau kesehariannya yang biasa saja. Bisa dibilang, postingannya belumlah berbobot dan hampir pasti gak bakalan sampe tersangkut oleh search engine. Hampir semua bloger pernah melewati fase ini.

Blogger curhat : isi postingannya terutama tentang kejadian yang dialaminya, terutama pada momen-momen yang sarat emosi. Mulai dari luapan kegembiraan, kesedihan, kemarahan, kekecewaan, kebahagiaan, jatuh cinta atau apapun deh. Jadi saat membaca blog-nya, rasanya seperti membaca diary seseorang. Yang bikin gak enak, kalau pas si pembaca disebutkan dalam kisah di blog tersebut, dalam posisi yang kurang mengenakkan. . .

Blogger alay : Yakni blogger yang penulisannya bergaya alay, membicarakan hal-hal gak penting yang ditanggapi secara lebay, senada dengan status/notes fb atau tweet-nya. Untungnya, saya belum pernah menemukan jenis ini. Mungkin pegel juga kalau posting blog dengan gaya penulisan alay, atau mungkin anak alay pada malas blogging.

Blogger pelawak : postingannya berisi berbagai kisah yang lucu, garing, ironis, atau apapun yang bisa membuat seseorang tertawa, atau paling tidak tersenyum, atau paling tidak berkata "ah, udah pernah baca lelucon itu". Kadang yang diposting hanyalah lawakan basi (meski nggak semua orang pernah tau) atau lelucon abadi (yang kalau diceritakan berkali-kali pun, pembaca tetap bisa tertawa), dan kadang merupakan kesehariannya saja yang entah kebetulan sedang mengalami kejadian lucu atau memang gaya penulisannya saja yang kreatif (mampu mengubah derita dan kesialan menjadi tawa dan canda).

Blogger pujangga : isi postingnya adalah berbagai prosa, sajak, puisi, lirik lagu atau bahkan pantun. Kebanyakan berasal dari kejadian sehari-hari, namun dirangkai dengan kata-kata yang begitu berseni (baca : gombal) dan bercitarasa tinggi sehingga tidak setiap orang yang membaca mampu memahami artinya (baca : mbulet, gak jelas). Blogger macam ini biasanya orangnya perasa, lembut, dan, ehm, cengeng :p

Blogger petualang : yakni petualang yang merangkap blogger. Jadi dia adalah orang yang gemar berpetualang kemana-mana dan menuliskan pengalamannya dalam bentuk blog, jadi seperti membuat log book (buku catatan perjalanan). Membaca blog jenis ini sangat mengasyikkan, apalagi jika penulis menceritakan pengalamannya dengan detil dan dilengkapi buanyak foto indah . . .

Blogger beritawan : isi blognya terutama adalah berita-berita terkini, heboh, dan pasti laris manis di search engine. Wajar kalau traffic blog mereka tinggi. Sayangnya, kebanyakan blogger jenis ini bukanlah wartawan asli, jadi untuk mendapatkan berita heboh tersebut, mereka hanya meng-copas (copy-paste) artikel orang lain, entah dari sumber berita terpercaya atau bahkan dari blog atau forum yang gak jelas benar-tidaknya. Blogger jenis ini kadang menelan mentah-mentah semua jenis info tanpa dicerna dahulu, dan kadang tidak bisa membedakan berita nyata dengan hoax. Parahnya lagi, kebanyakan nggak mencantumkan sumber berita yang mereka copas. . .

Blogger informan : sebenarnya setipe dengan blogger berita, kebanyakan adalah tukang copas tanpa ijin minus keterangan sumber data. Hanya saja yang satu ini punya spesialisasi di bidang informasi yang tidak peka waktu/berbagai tips-tips yang bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sepertinya dua jenis blogger ini hanya mengincar trafic blog yang tinggi dan follower yang banyak. . .

Blogger berita (asli) : isi blognya adalah berita yang benar-benar orisinil, berasal dari pencarian yang profesional maupun amatir, namun mandiri, dalam artian, dia sendiriah (atau tim dari blog tersebut) yang mencari berita tersebut. Umumnya, blgger jenis ini adalah wartawan (atau sekelompok wartawan) nyambi blogging.

Blogger analis : berbeda dengan bloger berita, jenis yang satu ini lebih cerdas, karena bukannya menelan mentah-mentah segala informasi yang beredar di internet, mereka memilih untuk mengkritisi, menganalisa, dan menguji kebenaran berita/informasi tadi. Biasanya mereka memiliki spesialisasi dalam topik yang dibahas. Misalnya, bidang agama, militer, sosial budaya, sains, misteri atau yang lain.

Blogger spesialis : blogger jenis ini memiliki spesialisasi dalam penulisan dan postingan-postingannya. Misal, mengulas sepakbola, berita seputar bisnis, hal-hal berbau sains, dunia perfilman atau bahkan, ehm, pornografi.

Blogger cari duit : ini blogger bisa merupakan jenis blogger mana saja, terutama blogger copas, yang engejar traffic blog yang tinggi. Blognya biasanya berisi banyak pop-up dan iklan yang minta di-klik, serta link-link yang kurang lebih isinya "mau dapet duit dari internet dengan cepat? bla bla bla. . ." semacam itu.

Blogger bisnis (beneran) : yakni orang yang mempromosikan barang-barang dagangannya (atau kadang-kadang dagangan orang lain) melalui blognya. Biasanya ini diadopsi oleh seorang pengusaha yang tak mau melewatkan kesempatan apapun untuk mempromosikan produknya dengan berbagai metode.

Blogger bijaksana : postingan dalam blognya sebenarnya hanyalah hal-hal biasa, kejadian sehari-hari saja. Namun yang memberi nilai lebih, adalah si penulis mampu menyelipkan pesan-pesan moral yang bisa diambil hikmahnya. Blogger macam ini adalah orang-orang yang tanggap dengan keadaan, tangguh menghadapi tantangan kehidupan dan cerdas memikirkan solusi. itulah yang membedakannya dengan blogger curhat. Kadang juga memposting kisah-kisah inspiratif, motivatif, atau kisah-kisah penuh hikmah lainnya.

Blogger religius : sejenis dengan blogger bijak, hanya saja jenis yang satu ini memiliki nilai tambah dengan hadirnya pembahasan dari sudut pandang agama (sesuai keyakinan masing-masing penulis). Bisa dibilang, mereka adalah sejenis pendakwah online. Seringkali tujuan utama postingan mereka adalah demi saling mengingatkan sesama dan menyebarkan ilmu yang dimilikinya agar bisa bemanfaat bagi para pembacanya.

Blogger kombinasi : sudah jelas, blogger jenis ini memiliki lebih dari satu ciri yang telah disebutkan di atas. Nggak perlu dijelaskan lebih lanjut kan? kebanyakan blogger adalah jenis ini, kadang religius, kadang curhat, kadang berpetualang . . .

Naaah, rekan blogger, termasuk jenis yang manakah Anda-anda sekalian? Atau Anda termasuk dalam jenis yang belum tercantumkan? Monggo beri usulan . . .


2 komentar:

  1. jadi blogku masuk jenis apa mas? :p

    BalasHapus
  2. kalo anda merasa tipikal anda belum tercantum, silahkan buat kriteria baru.hehe

    BalasHapus

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .