Cari Blog Ini

Rabu, 11 Mei 2011

Jenis-jenis Orang Menurut Mulutnya (1)

Satu lagi persembahan iseng saya, menanggapi fakta kecil di sekeliling kita yang sering terlewatkan begitu saja, padahal jika diamati, sebenarnya cukup menarik juga.

Kali ini, saya mencoba mengklasifikasikan manusia berdasarkan 'mulutnya'. Bukan bentuk mulutnya, melainkan dari perkataannya. Pepatah bilang, yang keluar dari mulut teko adalah isi teko itu sendiri. Yang keluar dari mulut seseorang, adalah suatu gambaran, kurang lebihnya, bagaimanakah orang tresebut di dalam hati dan pikirannya.

Let's check it out . . .

Si sempurna : adalah orang paling sempurna di dunia ini, semua orang tak ada yang bisa menandinginya, jadi mereka selalu saja punya kekurangan, cacat, minor, dibandingkan dari dirinya. Anda beruntung jika menemukan seseorang yang seperti ini, karena siapa tahu Anda bisa belajar untuk menjadi sempurna seperti dia.

Si mandiri : adalah orang yang bisa melakukan apapun sendirian. Teman? Mereka tidak butuh, karena mereka memiliki skill komplit untuk melakukan segalanya tanpa bantuan orang lain. Orang seperti ini sangat diharapkan oleh masyarakat, karena paling tidak, ketika meninggal nanti, dia tidak akan merepotkan warga sekitar untuk mengurus jenasahnya; dia bisa memandikan jenasahnya sendiri, berjalan sendiri ke kuburan, dan mengubur dirinya sendiri. Luar biasa bukan?

Si pandai : adalah seseorang yang menguasai berbagai disiplin ilmu. Tak ada ilmu yang dia tidak tahu, karena dia pandai. Karena itulah orang lain selalu menjadi 'bodoh', 'tolol', 'goblog', 'bego', dan semacamnya jika berhadapan dengan orang seperti ini. Sisi positifnya, anda akan bisa menyerap banyak ilmu dari orang semacam ini.

Si manusia paling manusia : adalah manusia yang berasal dari ras manusia paling murni. Manusia-manusia lain, jika dibandingkan dengan dirinya hanya setara dengan 'jaran', 'jangkrek', 'asu', 'babi', 'bedhes' jika dibandingkan dengan manusia jenis ini. Spesies manusia yang murni ini sangat takut terkontaminasi oleh gen 'bintatang' yang ada pada tubuh manusia lainnya.

Si juara : adalah manusia yang terlahir untuk selalu mampu mengalahkan orang-orang lainnya. Siapapun lawannya, si hebat ini tak akan kalah. Kalaupun dia mengalami kekalahan, itu bukan karena dia kalah dalam kemampuan, melainkan karena kondisi lebih menguntungkan lawannya. Misalnya, wasit yang terlalu memihak, perlengkapan yang tidak seimbang, keberuntungan sedang ada pada lawan, mengalami cedera, atau sedang sedikit sial saja. Setidaknya, jika tak bisa menang dalam suatu hal, dia selalu menang dalam mencari alasan untuk memaklumi kekalahannya.

Si pembela kebenaran : adalah orang yang selalu benar. Apapun yang dibicarakannya, adalah benar. Apapun pendapatnya, adalah benar. Apapun jawaban yang dilontarkannya dalam menanggapi suatu pertanyaan, adalah selalu benar. Jika orang-orang mengangapnya salah, mereka itulah yang salah, karena dia selalu benar. Intinya, kebenarnan berpihak padanya, yang tidak sependapat dengan dia=salah. Bahkan ketika seluruh dunia tidak ada yang membenarkannya, dia tetaplah benar . . . dalam dunianya sendiri.

Si ahli matematika : adalah orang yang selalu bisa mengkonversikan segala sesuatu menjadi bilangan-bilangan matematis. Misalnya, masalah perhitungan utang piutang dalam bentuk rupiah maupun utang jasa, masalah untung rugi dalam pertemanan, sampai sampai mampu menghitung perkiraan nilai amal ibadah yang telah dilakukannya. Dan semoga saja dia ingat untuk menghitung tentang bobot dosanya juga. . .

(*bersambung . . . . tunggu 'Jenis-jenis Orang Menurut Mulutnya' edisi berikutnya)

*terimakasih pada rekan-rekan yang telah menjadi sumber inspirasi dalam penulisan artikel ini :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .