Cari Blog Ini

Sabtu, 11 Juni 2011

Kersen Hijau-Merah

Saya pernah baca di sebuah situs berita tentang buah apel yang mengalami mutasi, sehingga memiliki warna setengah merah, dan setengah hijau, di mana pembagian warna itu tepat di tengah-tengahnya.

Dan beberapa waktu lalu, saya sempat menemukan suatu kejadian serupa, pada buah ceri, atau kersen.

Ini fotonya :


Saya nggak tahu apakah ini hasil mutasi juga, atau hanya kematangan yang tidak merata karena sebab lain. Soalnya, setau saya, gak umum aja kematangan yang kayak gini. Sepanjang saya pernah tahu, biasanya kersen setengah matang tuh, warnanya mengalami perubahan yang merata. Dari ijo, terus muncul bintik-bintik merah, di seluruh permukaan, terus warnyanya jadi ijo agak kuning, terus mendekati oranye, baru jadi merah. Lha yang ini, satu sisi merah, sisi lain masih ijo (meski batas warna merah sama ijonya gak seekstrim apel tadi). Yang jelas, ketika dimakan, rasanya setengah-setangah. Bagian yang berwarna merah, sudah matang, empuk, manis dan berair. Sementara yang masih hijau, masih mentah, agak keras, sepet dan kurang berair.

Wallahu'alam bish showab

2 komentar:

  1. aku punya pohon ceri mas, wkt anak2 ak sering makan, tp uda banyak yg kya gt kok heheh

    BalasHapus
  2. well, berarti fenomena biasa saja, cuma aku ae yg gak pernah tau
    hahahaha

    BalasHapus

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .