Cari Blog Ini

Selasa, 17 Juli 2012

Flu Sembuh Tanpa Obat Kimia

Sabtu kemarin, penulis sempat tepar di kosan gara-gara kena flu. Awalnya, Jumat malam udah terasa badan nggak enak, agak pusing. Kamis sore udah mulai tenggorokan terasa nggak beres. Dan Sabtu adalah finalnya. Tepar seharian. Alhamdulillah sabtu sore udah enakan, ahad pagi udah hidup normal.
Minum obat apa nih orang, mungkin begitu pikir sebagian pembaca.
Yah, sesuai judulnya, saya nggak minum obat flu yang diiklankan dimana-mana. Tips saya kalau kena flu sih :
  • makan banyak, usahakan yang berkuah dan gak berlemak biar tenggorokan gak sakit, apalagi biasanya kena flu tuh sepaket sama batuk dan sakit tenggorokan
  • minum air putih yang banyak, jangan pake es, usahakan anget. asupan air sangat penting untuk mencegah dehidrasi, karena biasanya badan banyak berkeringat
  • banyak istirahat energinya diforsir untuk penyembuhan, bukan untuk beraktivitas (lagian kan pening, mau kemana juga). kalo saya sih, biasanya tidur berjam-jam, pake pakaian panjang plus selimut plus hangatnya Jakarta, bakalan banyak keringetan (makanya banyak minum juga). siapkan pakaian cadangan, terutama kaos dalam dan kaos, ntar klalo yang dipake udah basah, segera ganti biar gak masuk angin
  • jangan maksa untuk mandi dulu, ini bukan prioritas. mending badan sedikit asem daripada seger tapi terus tepar lagi. lagian juga nggak kelayapan kemana-mana kok
  • tambah asupan vitamin C terutama. biasanya saya minum jus, tapi karena ntar makin nggak enak kalo minum es, jadi pilih aja jeruk anget (hampir semua warteg nyediain kok). vitacimin juga boleh, cuma saya lebih suka yang alami sih :p
  • nggak usah mikirin kerjaan atau apa dulu lah, ntar tambah pusing. istirahat badan, istirahat pikiran juga. hemat energi, biar energi fokus ke penyembuhan dulu
Udah segitu dulu tips dari saya. Ntar silahkan dicoba, eh tapi mending jaga kesehatan biar gak sakit ya. Hehehe
Dan kita juga harus ingat bahwa tiap penyakit tuh datang sebagai ujian dari Allah, dan Allah pula yang memberikan kesembuhan & obatnya, jadi jangan lupa untuk memohon sama Allah biar diberi kesembuhan.

"Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan untuk kamu bahwa tiap penyakit ada obatnya, oleh karena itu berobatlah, tetapi jangan berobat dengan yang haram. (Riwayat Abu Daud)

Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya. (HR. Bukhari no. 5641).

* yang ini ngebahas banyak tentang hadits-hadits seputar penyakit : http://childrenclinic.wordpress.com/2011/08/05/setiap-penyakit-ada-obatnya-jangan-berobat-yang-haram/
* baca juga posting saya yang ini, ini, dan ini

1 komentar:

  1. thanks infox gan..

    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

    BalasHapus

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .