Cari Blog Ini

Selasa, 31 Desember 2013

Akhir Tahun 2013... What Have You (We) Done?

Tahun 2013 akan segera berakhir dalam hitungan jam. Lalu apa saja yang telah kita lewati tahun ini? Beberapa orang mungkin telah melewati tahun ini dengan pencapaian-pencapaian menakjubkan (topskor kompetisi elit eropa dalam satu tahun kalender, misalnya, atau menjuarai beberapa kompetisi pramusim), sementara orang kebanyakan seperti penulis mungkin tak banyak yang bisa dibanggakan. Well, bagaimana dengan para pembaca sendiri? Puaskan dengan apa saja yang telah dilakukan sepanjang tahun ini? Adakah peningkaan kualitas diri yang telah dilakukan? 
Oke, ini bukan menghakimi. Namun coba kita sejenak introspeksi diri. Mari sejenak melakukan refleksi akhir tahun bagi diri kita sendiri (bukan pijat refeksi ya). Ilmu kita, meningkat kah? Kinerja kita? IP udah bagusan nggak (buat yang masih kuliah)? Ibadah, makin rajin apa makin anjlok? Sedekahnya udah rutin nggak? Apa lagi nih, prestasi yang udah kita raih tahun ini?
Hmm.. tentu masing-masing dari kita memiliki jawaban tersebut dalam hati. Ada yang mampu menjawab dengan bangga dan lantang, ada pula yang malu-malu karena wanprestasi. Apapun itu, tahun ini sudah terlewati. Kalau ada kebaikan yang telah kita lakukan di tahun ini, mari kita istiqomahkan, dan kita tingkatkan lagi. Kalau masih ada kekurangan dan kesalahan, mari kita kurangi dan hilangkan, ganti dengan yang lebih baik. Jangan sampai deh, mengulangi waprestasi di tahun sebelumnya ya. Yuk, nanti malam, daripada kita keluar hura-hura, sejenak luangkan waku untuk bermuhasabah, renungkan kembali apa-apa yang telah terjadi. Agar jangan sampai kesalahan-kesalahan yang telah lalu terulang lagi. Agar tak lagi target-target tinggi meleset lagi. Ayo menyusun strategi menyongsong tahun depan, yang tak akan mudah. Tahun 2014 menanti kita, tentu dengan banyak tantangan dan ujian di sana. Kita tak tahu apa saja yang akan menghadang kita ke depannya, namun, mau tak mau kita harus mempersiapkan diri kan?
Barangkalai masih ada yang susah move-on dari kejadian-kejadian tahun ini. Tapi 2013 akan segera berakhir dan 2014 siap menyongsong. Siapkah kita??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .