Cari Blog Ini

Rabu, 03 Desember 2014

Proses dan Hasil

 Anda tahu isi pensil? Yang hitam panjang dan rapuh itu loo. Itu namanya grafit (graphite). 
ini karbon, namanya grafit
Anda tahu, batu mulia yang biasanya dipakai untuk hiasan cincin? Yang jernih berkilauan itu looo. Itu namanya intan, kalau sidah diproses jadi perhiasan, orang Indonesia menyebutnya berlian (istilah Inggrisnya sama aja diamond). 
ini karbon juga, namanya daimen intan/diamond
Anda tahu nggak, bahwa keduanya merupakan unsur yang sama, yakni karbon? Mungkin sebagian akan protes.  
'Ih ngaco ah, kan beda. Yang satu jernih, yang satu item. Yang satu keras, yang satu lunak banget' , mungkin begitu pikir sebagian Pembaca. Percaya nggak percaya, keduanya adalah unsur yang sama. Sama-sama karbon murni, namun berbeda wujud. Istilah kerennya, allotropy. Yang membuat mereka berbeda (termasuk beda pada tingkat kekerasannya) adalah susunan kristal atom karbon tersebut. Pada intan/berlian, atom karbon tersusun dalam bentuk diamond cubic, sementara pada grafit berbentuk heksagonal
Kebanyakan intan alami terbentuk pada suhu dan tekanan tinggi pada kedalaman 140 sampai 190 kilometer dalam mantel bumi dan pembentukannya memakan waktu 1 - 3,3 milyar tahun (25% sampai 75% dari usia bumi itu sendiri). Intan terangkat ke permukaan oleh magma melalui erupsi gunung berapi yang kemudian membentuk batuan volkanik (hasil bekuan magma) bernama kimberlite dan lamproite
Grafit terbentuk dalam batuan metamorf sebagai hasil reduksi atas sedimen karbon yang terjadi pada proses metamorfosis batuan tersebut.
Dan sebagainya dan seterusnya lama-lama blog ini jadi blog kimia-fisika-geologi. Udah ah.
Intinya, apa yang membuat susunan atom intan (alami nih, belum jadi perhiasan) dan grafit berbeda adalah proses pembentukannya. Intan mengalami proses yang lebih panas dan lama daripada grafit, makanya Intan memiliki struktur lebih kuat.Saya rasa itu juga berlaku untuk kebanyakan orang. Orang yang mengalami 'proses' lama dan berat, biasanya akan lebih tangguh, dibandingkan orang yang tidak mengalami 'proses'. 
Proses apakah gerangan? Saya rasa, semua proses. Pendidikan, ujian, pekerjaan, dan sebagainya. Kita ingat pepatah, "pelaut hebat tak akan lahir dari laut yang tenang". Saya rasa saya setuju dengan itu. Maka di lain kesempatan kita mengalami proses yang berat dan panjang, bersabarlah. Siapa tahu kita sedang dibentuk menjadi intan yang tangguh, indah dan mahal, bukan?
sama-sama karbon, beda proses, beda struktur, beda sifat dan ketangguhannya (harganya juga)
glossarium:
batuan beku/vulkanis (igneous rocks) : batuan yang berasal dari hasil pendinginan magma atau lava 
batuan metamorf : batuan yang merasal dari batuan beku atau sedimen (atau batuan metamorf lain) yang terpapar oleh suhu (antara 150-200 derajat Celcius) dan tekanan (1.500 bar) sehingga mengalami perubahan fisik atau kimia ; (hayo, masih inget pelajaran tentang batuan jaman SD dulu?)
reduksi : penambahan elektron pada suatu atom/ion/molekul; (hayo, masih ingat pelajaran kimia SMA?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .