Cari Blog Ini

Jumat, 08 April 2016

Jangan Su'udzon

Kadang kita melihat seseorang yang tampak tidak baik, dan membayangkan bahwa orang tersebut melakukan hal tidak baik, dan hal-hal tidak baik yang akan terjadi pada kita kalau dekat-dekat orang itu. 
Kadang kita melihat seseorang yang tampak begitu baik, dan membayangkan bahwa orang tersebut melakukan hal-hal baik, dan hal-hal baik yang akan terjadi pada kita kalau dekat-dekat orang itu. Namun benarkah demikian? Benarkah yang tampak tidak baik, memang tidak baik? Benarkah bahwa yang tampak baik, memang benar-benar baik?

Sementara kita tidak tahu, apa yang benar-benar orang lain lakukan, selama itu pulalah kita jangan berprasangka buruk. Sementara kita tidak tahu bagaimanakah dia di akhir hayatnya kelak, selama itu pulalah kita jangan berprasangka buruk.Sementara kita tidak tahu posisi dia di akhirat kelak -apakah mendapat tempat yang mulia, atau terhina-, selama itu pulalah kita jangan berprasangka buruk. Sementara kita juga tidak tahu posisi kita di akhirat kelak -apakah mendapat tempat yang mulia darinya, atau malah lebih terhina darinya-, selama itu pulalah kita jangan berprasangka buruk pada orang lain.

Lebih baik menyesali prasangka baik terhadap seseorang, daripada berprasangka buruk pada seseorang tanpa kita tahu, siapa yang lebih baik posisinya kelak di akhirat. Berkacalah jika ada orang berperilaku buruk kepada kita, mungkin demikianlah selama ini kita memperlakukan orang lain. Belajarlah pada kebaikan orang lain yang terlihat, agar kita juga belajar berbuat baik. Be good, do good, and God will give you good things.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .