Cari Blog Ini

Sabtu, 24 Juni 2017

Catatan Penghujung Ramadhan

Apa kabar pembaca? Masih sehat hingga hari ini?
Apa kabar pembaca? Masih lancar shaum hingga hari ke-30 ini?
Apa kabar pembaca? Masih lengkap tarawih hingga malam terakhir semalam?
Apa kabar pembaca? Masih istiqomah tilawah hingga hari ini?

Apa kabar target ramadhan kita tahun ini? Masihkah istiqomah seperti tahun-tahun yang lalu? Adakah peningkatan? Atau justru mengalami penurunan?

Jikalah terdapat peningkatan, bersyukur dan pertahankan, karena tak semua mampu mengoptimalkan waktu ramadhannya. Jikalau terdapat penurunan, maka introspeksilah. Ada yang salah dengan diri kita ketika menyadari bahwa belum tentu bertemu ramadhan tahun depan, namun menjalani ramadhan tahun ini dengan kesia-siaan. 
Berapa banyak juz yang tak terbaca dengan alasan kesibukan dunia? Berapa banyak rakaat tarawih yang tak terlaksana hanya demi undangan buka bersama? Berapa lama sujud di penghujung malam yang tak terlaksana karena lebih memilih siaran bola? Berapa banyak ilmu dari kajian yang terlupa karena tak tercatat dengan dalih 'ah postingnya nanti saja'?

Kini hanya bisa berdoa, semoga Allah perkenankan bertemu ramadhan berikutnya, serta agar hati lebuh tertata menyambut bulan mulia, yang sayangnya kadang tersia-sia oleh urusan dunia.

*sebuah pengingat untuk diri sendiri yang kecewa dengan pencapaian ramadhan tahun ini
Malang, 30 Ramadhan 1438 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .