Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 22 Mei 2015

Materi Manajemen Keuangan dan Akuntansi

Buat yang mau belajar untuk seleksi DIV STAn dan butuh materi Pengantar Akuntansi dan Manajemen Keuangan, silahkan unduh di sini. Semoga bermanfaat.

Kamis, 21 Mei 2015

Kakasi Bersama Om Jin

Assalamu'alaikum Pembaca, lama tak jumpa ya?
Kemarin penulis sempat diklat selama hampir 2 pekan, jadi nggak ikut kasasi/kakasi di masjid kantor. Alhamdulillah hari ini sudah ngantor dan bisa ikut kakasi. Pembicara kali ini menyebut dirinya "Om Jin". Tapi bukan Om Jin yang di film jadul "Jin dan Jun", bukaan. Bukan pula Om Jin dalam iklan rokok yang terkenal itu. Om Jin yang ini beda, dia manusia biasa, hanya saja namanya dibaca "Jin".
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS-OZ6qxL0ErXdMMhS585lE4EgfVW-YYGOh2d48rzwBau1QnAtDsQ
Kalo anak 90'an pasti ngebayangin yang ini

Gene Netto, namanya (baca: "jin nito". Seorang WN Australia (kelahiran New Zealand) yang telah lama tinggal dan bekerja di Indonesia dan telah menjadi mualaf sejak 1996. (profil singkat beliau dapat dibaca di sini). Beliau menceritakan kisahnya, bagaimana pendapat beliau pada ajaran katolik yang dianutnya dari keluarga, bagaimana pencarian agama dan lika-liku hidupnya, petualangan di Indonesia, dan sedikit cerita pribadi (sesi tambahan di luar kajian nih). Yuk kita simak bareng-bareng...

Selasa, 19 Mei 2015

Mungkin Sudah Saatnya

Suatu ketika dalam sebuah perjalanan ke Semarang, bus malam yang saya naiki singgah di sebuah rumah makan sekitar pukul 23.30. Bukan menu makan malam yang ingin penulis bahas, tapi langitnya.

Lho kok langit? begitu mungkin pikir sebagian pembaca
Ya, penulis melihat langit malam itu dan tertegun.

Rabu, 06 Mei 2015

Intinya Harus Peka

Melihat judu di atas, sebagian pembaca mungkin akan berpikir "nih si gundul habis diprotes ceweknya gara-gara gak peka kali". Bukaan, bukan begitu maksud postingan kali ini Gaes. Gue mah nggak gitu orangnya nggak pernah nggak diprotes maksudnya. Ini bukan postingan tentang cowok yang diprotes cewek karena nggak peka. Ini postingan umum kok, untuk siapa saja yang sehari-harinya berinteraksi dengan manusia lain, kapanpun dan dimanapun, termasuk kamu. Iyaa, kamuuu *nunjuk Pembaca dengan stye Dodit Mulyanto SUCI 4.

Kamis, 23 April 2015

Biarkan Saja Apa Kata Mereka

Kata orang instansi kita penuh stigma
kata orang instansi kita dipenuhi orang gila harta
tapi biarkan saja apa kata mereka
karena mereka tak tahu apa-apa.

Selasa, 07 April 2015

Kasasi: Korupsi dalam Pandangan Islam (2)

Dalam postingan sebelumnya, penulis telah membahas mengenai hakikat korupsi dalam pandangan Islam, yakni mengenai perbedaannya dengan mencuri. Akibatnya, pelaku korupsi tidak dapat dihukumi seperti kita menghukumi pencuri. 

'Lalu bagaimana dong?', begitu mungkin pikir pembaca.

Kasasi: Korupsi dalam Pandangan Islam (1)

Assalamu'alaikum Pembaca sekalian. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tentang materi kajian selasa siang di Masjid Baitut Taqwa KP DJBC. Siang ini, materi yang disampaikan oleh Ust. A.H. Ibnu Rahman Al-Bughury adalah tentang korupsi dalam pandangan syar'i. Tidak usah ditanya lagi, tentu Islam tidak membenarkan korupsi. Namun hukuman paakah yang dibolehkan untuk para pelaku korupsi? Apakah dipotong tangan seperti fatwa terhadap pelaku pencurian, mengingat para koruptor sering disebut pencuri uang negara? Atau dibolehkan diberikan hukuman mati? Mari kita bahas sama-sama.

Jumat, 20 Maret 2015

Belum Rejeki


Namanya belum rejeki, sudah dalam genggaman pun tak akan bisa dinikmati. Itulah yang sempat penulis alami suatu ketika. Niat hati beli minuman hangat untuk menemani di tengah dinginnya malam, eh malah tumpah sebelum terminum, hanya gara-gara hal sepele. Ya begitulah, kalau yang namanya rejeki, sejauh apapun akan datang juga. Kalau enggak, sudah dalam genggaman pun pasti nggak dapat juga. Terus harus gimana dong? Yaudah sabar aja, lain kali insyaAllah dapat rejeki yang lain :)