Cari Blog Ini

Jumat, 29 Juli 2011

Memaknai Kalimat Tauhid

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Oke, ini ending dari 4 edisi khotbah selama PKL di KPPBC Malang. Langsung saja, inilah ringkasan dari khotbah pekan pertama PKL, 24 Juni 2011. Tentang keimanan juga, sedikit banyak nyambung sama khotbah pekan kedua (posting sebelum ini).

-----------------------------------------------------------------------------------------

* Konsekuensi kalimat tauhid 'Laa illaha ilallah' :

- menolak adanya sesembahan selain Allah SWT --> tak ada berhala-berhala yang menandingi Allah SWT, menjauhi segala pengagungan berlebihan dan pengkultusan terhadap makhluk

- mencintai Allah SWT lebih dari segala hal lain --> layaknya orang yang jatuh cinta, lakukan yang terbaik untuk yang dicintai. Tak ada yang lebih penting selain mencari ridho Allah SWT dan hal-hal yang membuat Allah senang jika kita melakukannya

- memilih yang haq dan meninggalkan yang batil --> karena yang haq akan mendekatkan diri kita kepada Allah, sedangkan yang batil akan membuat kita semakin jauh dari cahaya dan hidayah-Nya

- mengikatkan diri terhadap segala aturan yang telah dibuat oleh Allah SWT --> yakni Islam, satu-satunya agama yang diridhoi oleh Allah, dan telah disempurnakan, agama rahmatan lil alamin, yang berlaku bagi seluruh umat manusia di dunia ini. Firman Allah dalam QS Al-Maa'idah ayat 3 : " . . .Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu . . ."

* Untuk meraih derajat ketaqwaan yang sebenarnya, harus dengan keimanan dan keislaman yang sempurna --> masuk ke dalam Islam secara keseluruhan dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan sebaik mungkin.

* Hidup dalam Islam, matipun tetap dalam Islam. Firman Allah dalam QS Ali-Imran ayat 102 "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. "

* Allah SWT akan menilai sejauh mana kesabaran kita dalam menegakkan agama Islam

-----------------------------------------------------------------------------------------

Sekian poin-poin penting yang dapat penulis tulis ulang di sini (karena tulisannya jelek, jadi nggak semua catatan khotbahnya terbaca T.T )

Semoga secuil ilmu ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .