Cari Blog Ini

Rabu, 19 November 2014

Tips Sholat Khusyuk

Assalamu'alaikum Pembaca. Kali ini penulis akan membagi sedikit ilmu dari Kasasi (kajian Selasa siang) di MBT KP DJBC (udah tau kan kepanjangannya?). Seperti biasa, penuli slupa nama narasumbernya (kebiasaaan nih) tapi temanya inget, yakni tentang sholat dan doa (meski awalnya MC mengatakan tema kajiannya akhlaq, nggak papa, yang penting ngaji). Berikut beberapa poin yang penulis dapatkan:

  • sholat memiliki 3 jenis rukun, yakni qauli/bacaan, fiqli/gerakan dan qalbi/hati. Ketiganya harus sinkron. Bacaan bagus tapi gerakan salah, nggak pas. Gerakan bagus tapi bacaan salah, nggak pas. Gerakan bagus bacaan bagus tapi hati nggak fokus? nggak pas juga. Sholat secara bahasa adalah doa, jadi bacaannya harus benar
  • sholat adalah salah satu sarana pengingat Allah, dan bertujuan untuk mencegah kita dari berbuat keji dan munkar. Kalau rajin sholat tapi masih tekun maksiat? berarti sholatnya belum benar, belum bisa jadi pengingat apalagi benteng, namun cuma sebagai penggugur kewajiban
  • doa dan perbuatan harus sinkron; kalau misalnya berdoa biar pinter tapi nggak belajar ya sama aja boong; berdoa pingin kaya tapi nggak berusaha ya sama aja ngibul. doa dan ikhtiar kudu sinkron
  • tips supaya sholatnya bagus, adalah jangan keburu-buru. Sempurnakan tiap rukun gerakan, baru baca bacaan sholatnya. Berdiri dengan sempurna, baru takbiratul ihram, ruku' yang sempurna, baru baca doanya, i'tidal yang sempurna baru baca doanya, sujud yang sempurna baru baca doanya, begitu seterusnya. Jangan sholat kayak mau akrobat (berdiri rukuk sujud cepet amat kayak dikejar maling)
  • niatkan sholat yang bener, buat Allah, bukan biar dipuji manusia. Hati ingat Allah dan resapi bacaannya, lebih bagus kalau hafal makna surat yang dibaca supaya pikiran sibuk memfokuskan pada bacaan sholat, bukan mikirin yang lain
  • berharap bisa sholat khusyuk tapi nggak dicoba, sama aja boong (apalagi nggak sholat), makanya jangan cuma baca postingan ini, tapi dipraktekin juga
  • yuk sama-sama kita belajar sholat khusyuk, karena kelak di alam kubur, sholat adalah amalan pertama yang ditanya oleh malaikat. Mari kita perbaiki sholat kita, sebelum kita nantinya disholati :)
sholat khusyuk emang nggak gampang, tapi yuk kita coba praktekkan ilmunya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .